Jl. Niaga XI No.19 Komplek Perdagangan, Karang Tengah, Tangerang
0821 9090 8209

Akupunktur- Bekam

Cara Mengobati Lumpuh Wajah Dengan Terapi Akupuntur

Cara mengobati lumpuh wajah dengan terapi akupuntur bisa membuatnya kembali normal dengan terapi yang benar. Lumpuh wajah dikenal dengan bell's palsy sebagai kelumpuhan yang terjadi di bagian otot wajah sehingga dari sisi lainnya terlihat wajah melorot atau tidak seimbang. Kelumpuhan wajah ini biasanya datang secara tiba-tiba dan sifatnya tidak permanen.

Cara Mengobati Lumpuh Wajah dengan Terapi Akupuntur

  1. Penyebab Dan Gejala Lumpuh Wajah

Bell's palsy bisa terjadi pada setiap orang yang disebabkan oleh adanya peradangan di bagian saraf. Padahal, ini memiliki fungsi untuk mengendalikan jaringan di bagian otot wajah.

Pada kondisi seperti ini biasanya berhubungan langsung dengan infeksi telinga bagian tengah, infeksi virus ataupun penyakit lyme. Terjadinya bell's palsy ditandai dengan adanya beberapa gejala yang menyebabkan kelumpuhan pada bagian wajah tertentu.

Keluhan yang sering dialami oleh banyak penderita ini tanpa adanya perubahan dari segi bentuk wajah yang tidak seperti kondisi normal biasanya. Dengan demikian, ketika penderita mengalami bell's palsy maka akan kesulitan untuk tersenyum secara simetris. Selain itu, beberapa gejala lain yang biasanya dialami oleh penderita bell's palsy seperti halnya mengiler dan mata sering berair.

Baca Juga: (Cara Mengobati Berdebar dengan Terapi Akupunktur)

  1. Peranan Akupuntur untuk Mengobati Lumpuh Wajah

Bell's palsy bisa terjadi karena bagian saraf pada wajah mengalami gangguan yang bisa menyebabkan kelumpuhan. Sehingga penderita akan kesulitan untuk menggerakkan bagian sisi wajah tersebut.

Cara mengobati lumpuh wajah dengan terapi akupuntur agar sembuh bisa menggunakan metode perangsangan yang dimilikinya. Dalam hal ini, metode perangsangan untuk menggunakan terapi akupuntur dengan menusukkan beberapa jarum pada titik tertentu yang ada di bagian tubuh. Tujuan dilakukannya tusuk jarum guna mengembalikan kondisi lumpuh wajah supaya kesehatannya kembali seperti sedia kala.

Pada penggunaan terapi akupuntur ini menjadi sebuah pengobatan yang bisa diterapkan bagi penderita dengan berbagai macam gejala seperti halnya bell's palsy. Penerapan terapi akupuntur bisa dengan teknik tunggal ataupun secara bersamaan menggunakan terapi obat.

Sementara itu, untuk efek yang ditimbulkan ketika menggunakan terapi akupuntur sangat menguntungkan bagi penderita karena memiliki tingkat respon terhadap penyakit. Akan tetapi, untuk penggunaan teknik akupuntur yang akut terhadap bell's palsy harus dilakukan beberapa tahapan supaya bisa mengembalikan kondisi kelumpuhan wajah.

Efek fokal dari teknik akupuntur terhadap kelumpuhan memang selalu berhubungan dalam merangsang serabut yang ada pada saraf otot dan kulit. Penggunaan terapi akupuntur bisa mengobati lumpuh wajah untuk mengembalikan kondisi saraf dan ototnya.

  1. Latihan Memulihkan Lumpuh Wajah

Dalam memulihkan otot wajah sebagai penderita bell's palsy terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan. Adapun untuk latihan pemulihan lumpuh wajah sebagai berikut:

  • Pijat wajah untuk meningkatkan suplai nutrisi dan peredaran pada darah, kulit dan menjadikan wajah terasa lebih rileks
  • Latihan di depan cermin dalam waktu 45 sampai 60 menit, penerapannya bisa frekuensi 2 sampai 3 kali setiap hari
  • Rehabilitasi kabad dengan melakukan latihan ekspresi wajah serta latihan fungsional
  • Melakukan yoga wajah yang memiliki manfaat untuk merehabilitasi jaringan otot pada wajah sehingga bisa memulihkan lumpuh yang dideritanya, latihan dilakukan setiap hari dalam waktu 10 menit.

Cara mengobati lumpuh wajah dengan terapi akupuntur memang memberikan kemungkinan yang cukup besar adanya peluang supaya bisa sembuh kembali. Mengingat, dalam hal ini lumpuh wajah bagi penderita bell's palsy tidak akan berlangsung secara permanen. Selain itu, juga dibutuhkan adanya pelatihan secara rutin untuk mengembalikan lumpuh wajah seperti semula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *