Jl. Niaga XI No.19 Komplek Perdagangan, Karang Tengah, Tangerang
0821 9090 8209

Akupunktur- Bekam

Cara Mengobati Kekakuan Otot dengan Terapi Akupuntur

Cara mengobati kekakuan otot dengan terapi akupuntur bisa mengembalikan kondisi otot yang tegang. Kekakuan otot merupakan suatu kondisi jaringan otot yang tegang dan cukup sulit ketika ingin menggerakkan anggota tubuh. Pada kondisi seperti ini biasanya akan timbul rasa sakit, nyeri otot dan kram yang sangat mengganggu dalam menjalankan beberapa aktivitas harian.

Cara Mengobati Kekakuan Otot dengan Terapi Akupuntur

  1. Gejala Kaku Otot

Pada kondisi otot yang sedang kaku biasanya diakibatkan terjadinya infeksi dan adanya sejumlah gejala lain yang menyertainya. Adapun gejala kaku otot yang sering dialami oleh banyak orang di antaranya:

  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Leher kaku
  • Mual dan muntah
  • Demam
  • Nyeri dada
  • Sakit tenggorokan
  • Meningkatnya detak jantung dan tekanan darah.

Baca Juga: (Cara Mengobati Kelemahan Otot dengan Terapi Akupuntur)

  1. Penyebab Kaku Otot

Otot kaku yang dialami oleh banyak orang bisa terjadi setelah melakukan kegiatan kerja fisik, olahraga ataupun sesudah mengangkat beban berat. Terjadinya otot kaku juga bisa disebabkan terlalu lama duduk ataupun berdiri. Adapun untuk beberapa faktor penyebab terjadinya otot kaku sebagai berikut:

  • Gigitan atau sengatan dari serangga
  • Kegiatan fisik yang terlalu berlebihan
  • Efek samping dari konsumsi obat
  • Rematik
  • Kelebihan berat badan
  • Kurang gerak
  • Infeksi
  • Kurang istirahat
  • Tidak memiliki pola makan yang baik.
  1. Manfaat Terapi Akupuntur untuk Kekakuan Otot

Pada umumnya, untuk terapi akupuntur ini biasanya diterapkan dalam membantu untuk mendapatkan keseimbangan energi di dalam tubuh. Dalam hal ini, ibu mempunyai jalur energi yang sering dikenal dengan Meridian.

Apabila seseorang yang mengalami masalah kekakuan otot menggunakan terapi akupuntur. Maka, cara mengobati kekakuan otot dengan terapi akupuntur agar kembali pulih harus menusukkan beberapa jarum pada bagian titik akupuntur di tubuh.

Penusukan jarum dengan ukuran yang halus pada titik tertentu untuk tubuh diterapkan di jalur Meridian. Dengan demikian, bisa membuat aliran energi yang ada di dalam tubuh bisa seimbang dan berjalan normal seperti biasanya.

Penggunaan teknik akupuntur ini telah dipercaya bisa membantu untuk merangsang otot, jaringan ikat hingga saraf. Rangsangan yang diberikan dengan menggunakan terapi akupuntur mampu memicu dalam proses produksi adanya zat yang bisa menghilangkan rasa sakit secara alami di dalam tubuh.

Akupuntur memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu untuk melemaskan otot yang kaku dari setiap jaringan di dalam tubuh. Ketika telah memutuskan untuk menggunakan terapi akupuntur, maka dari ahli akupuntur harus memastikan bahwasanya beberapa jarum yang akan digunakan sudah disterilisasi terlebih dahulu.

Sehingga kondisi jarum yang digunakan benar-benar bersih atau memang hanya diterapkan sekali penggunaan saja. Prosedur dalam terapi akupuntur untuk mengatasi penyakit tertentu ini penting diperhatikan. Hal ini supaya terhindar dari tingkat risiko terjadinya infeksi seperti halnya hepatitis karena penggunaan jarum akupuntur yang tidak disterilisasi dulu.

Selain memiliki manfaat dalam melemaskan otot yang kaku di setiap jaringan tubuh. Akupuntur juga memiliki peranan lain dengan manfaatnya untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu.

Terapi akupuntur juga bisa diterapkan untuk mengatasi sakit kepala dan migrain yang nantinya akan membantu dalam merangsang saraf sehingga bisa mengeluarkan hormon endorfin. Akupuntur memiliki kemampuan lain dalam mengurangi nyeri punggung di bagian bawah supaya bisa menjalankan kegiatan setiap hari.

Penerapan terapi akupuntur juga memiliki manfaat lain dalam meredakan radang sendi atau artritis yang biasanya menyerang bagian lutut. Apabila memiliki masalah terhadap penuaan dini, maka juga bisa memperbaiki tingkat elastisitasnya dengan terapi akupuntur.

Cara mengobati kekakuan otot dengan terapi akupuntur akan menjadi terapi komplementer bagi penderita gejala stroke. Selain itu, manfaat terapi akupuntur juga mengatasi masalah obesitas hingga menurunkan tingkat stress seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *