Jl. Niaga XI No.19 Komplek Perdagangan, Karang Tengah, Tangerang
0821 9090 8209

Akupunktur- Bekam

Cara Mengobati Sulit Tidur dengan Terapi Akupunktur

Cara mengobati sulit tidur dengan terapi akupunktur dapat digunakan dalam mengatasi masalah gangguan tidur. Sulit tidur atau yang dikenal dengan sulit tidur merupakan gangguan yang terjadi pada seseorang karena tidak bisa tidur. Penderita yang mengalami sulit tidur bisa membuat kondisi fisiknya tidak cukup baik dalam mendukung berbagai macam kegiatan sehari-hari.

Cara Mengobati Sulit Tidur Dengan Terapi Akupunktur

  1. Gejala Sulit Tidur

Masalah gangguan tidur membuat penderitanya tidak akan merasakan mengantuk. Terlebih, dalam penentuan ukuran untuk waktu tidur secara normal setiap orang memiliki kebutuhan yang tidak sama.

Hal ini memiliki pengaruh yang disebabkan oleh faktor gaya hidup, usia, pola makan ataupun lingkungan. Adanya beberapa gejala masalah gangguan tidur yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang seperti halnya:

  • Merasa emosional, lelah, sulit untuk mendapatkan konsentrasi dan bahkan tidak mampu melakukan berbagai macam kegiatan ketika siang hari
  • Tidak merasakan mengantuk dan tidak ingin tidur
  • Tidak pernah tidur siang, walaupun telah merasakan tubuh cukup lelah
  • Sering bangun di malam hari dan tidak tidur lagi.

Baca Juga: (Cara Mengobati Nyeri Otot dengan Terapi Akupunktur)

  1. Penyebab Sulit Tidur

Jenis-jenis sulit tidur yang sering diderita oleh kebanyakan orang tentunya berhubungan dengan penyebab dari sulit tidur itu sendiri. Jenis sulit tidur yang ada dua yaitu akut dan kronis. Sementara itu, untuk penyebab seseorang bisa mengalami sulit tidur sebagai berikut:

  • Teringat dengan peristiwa traumanya
  • Mengalami tingkat stress berlebih
  • Mengalami jet lag sesudah naik pesawat
  • Adanya perubahan untuk kebiasaan waktu tidur karena perpindahan tempat tinggal
  • Konsumsi obat.
  1. Pengobatan Sulit Tidur dengan Akupuntur

Cara mengobati sulit tidur dengan terapi akupuntur yang tepat tentunya tidak akan berdampak bagi kesehatan. Tidur merupakan kebutuhan bagi semua orang dengan waktu tidur yang mencukupi.

Apabila penderita sulit tidur memiliki masalah gangguan tidur yang tidak terpenuhi dengan baik. Pastinya memiliki dampak yang cukup buruk terhadap kesehatan seseorang.

Masalah gangguan tidur seperti ini tetapi saya diatasi, salah satunya dengan menerapkan terapi akupuntur. Akupuntur merupakan teknik pengobatan yang berasal dari Tiongkok. Sekarang ini sudah banyak diterapkan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kesulitan tidur.

Dalam penerapan terapi akupuntur ini menggunakan teknik dengan cara merangsang akupuntur. Prosedur untuk penggunaan terapi akupuntur dengan memasukkan beberapa jarum tipis pada titik akupuntur di tubuh.

Hal ini bertujuan untuk mencegah adanya masalah gangguan tidur yang lebih fatal atau kronis. Teknik akupuntur dapat dijadikan sebagai terapi yang memiliki peranan sangat penting untuk mengatasi masalah sulit tidur.

Jarum akupuntur yang ditusukkan pada beberapa titik di tubuh dengan ukuran tipis memiliki peranan dalam menjaga homeostasis di tubuh. Tujuan penusukan jarum tersebut supaya homeostasis seperti halnya sistem imun, keseimbangan hormon, aliran darah dan saraf bisa bekerja dengan baik.

Dalam hal ini, akupuntur juga memiliki peranan untuk membuat sekresi noktural melatonin bisa dioptimalkan dengan baik. Selain itu, mampu memberikan stimulasi terhadap produksi opioid endogen khususnya untuk beta endorfin.

Fungsi dari produksi tersebut sangat bagus untuk mendukung kesehatan fisik ataupun modulasi mood seseorang. Bahkan, terapi akupuntur ini juga bisa membuat aliran darah yang menuju ke otak bisa teroptimalisasi dengan baik.

Peranan lain dari terapi akupuntur juga bisa membuat saraf simpatis ini lebih kendur dari ketegangannya. Dengan demikian, mampu memberikan respon terhadap relaksasi tubuh secara maksimal.

Sementara itu, untuk cara mengobati sulit tidur dengan terapi akupunktur harus melalui ahlinya. Pada kasus masalah sulit tidur yang sering dialami oleh kebanyakan orang biasanya akan menerapkan jumlah sesi untuk melakukan terapi.

Kebutuhan untuk jumlah sesi tergantung dari setiap orang yang melakukan terapi akupuntur. Selain itu, biasanya juga menyesuaikan dengan derajat tingkat keparahan dari penyakit yang diderita serta apakah penderita juga memiliki penyakit lain penyertaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *