Jl. Niaga XI No.19 Komplek Perdagangan, Karang Tengah, Tangerang
0821 9090 8209

Akupunktur- Bekam

Cara Mengatasi Tidak Nafsu Makan dengan Terapi Akupunktur

Cara mengatasi tidak nafsu makan dengan terapi akupunktur harus dengan menyesuaikan penyebabnya terlebih dahulu. Tidak nafsu makan merupakan kondisi seseorang yang tidak berkeinginan dan tidak memiliki selera untuk makan. Banyak di antara orang-orang yang tidak nafsu makan meskipun disediakan makanan favoritnya. Cara mengatasi tidak nafsu makan dengan terapi akupunktur

Cara mengatasi tidak nafsu makan dengan terapi akupunktur

  1. Penyebab Tidak Nafsu Makan

Sebenarnya, ada banyak faktor yang mendasari seseorang tidak nafsu makan. Kehilangan nafsu makan ini juga bisa disebabkan oleh faktor kesehatan mental ataupun kondisi medis setiap orang.

Kondisi nafsu makan yang terus mengalami penurunan biasanya ditandai dengan adanya beberapa hal. Gejala yang cukup terlihat yaitu kurang gizi atau penurunan berat badan.

Apabila kondisi seperti ini tidak segera ditangani secara tepat tentunya bisa menimbulkan masalah yang cukup besar terhadap kesehatan. Sehingga menjadikan kondisi kesehatan terus menunjukkan keseriusannya.

Perlu untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab seseorang kehilangan nafsu makannya supaya bisa diatasi dengan segera. Adapun untuk beberapa faktor penyebab tidak nafsu makan sebagai berikut:

  • Infeksi
  • Efek samping penggunaan obat-obat tertentu
  • Kondisi yang membuat seseorang sering sesak nafas
  • Gangguan psikologis
  • Masalah pada gigi dan mulut
  • Gangguan di bagian Indra
  • Faktor kehamilan
  • Faktor usia
  • Terkena penyakit lain.

(Baca juga: Cara Mengobati Jerawat dengan Terapi Akupuntur)

  1. Terapi Akupunktur untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Peranan cara mengatasi tidak nafsu makan dengan terapi akupunktur bisa diterapkan untuk mengembalikan nafsu makan dengan baik. Akupunktur menjadi sebuah metode terapi dengan cara menusukkan beberapa jarum pada titik akupunktur.

Tujuan dilakukannya teknik terapi akupunktur ini memiliki tujuan supaya homeostasis di bagian tubuh bisa kembali dengan normal. Peletakan jarum akupunktur di bagian titik yang tepat bisa membantu dalam mengaktifkan adanya serabut saraf hingga reseptor aferen perifer.

Pada proses terapi yang tepat nantinya mampu menghasilkan adanya interaksi sensorik pada tingkatan sistem saraf di bagian pusat. Sehingga dapat melepaskan modulator dan transmiter. Sistem kerja dari teknik akupunktur ini juga mampu menghasilkan sinyal neuroendokrin, anti inflamasi dan neuroimun.

Sehingga tidak heran jika penggunaan terapi akupunktur ini dimanfaatkan untuk terapi bagi seseorang yang kehilangan nafsu makannya baik anak ataupun dewasa. Dalam hal ini terapi akupunktur bisa memperbaiki nafsu makan setiap orang dengan cara penusukan jarum yang telah disterilkan.

Proses untuk menusukkan jarum pada titik di bagian tubuh akan disekresikan serotonin dan β-endorfin yang bisa meningkatkan mood untuk makan. Penerapan terapi akupunktur ini juga memiliki manfaat lain dengan efeknya mampu membuat kadar hormon ghrelin meningkat.

Bahkan, dengan kemampuan terapi akupunktur ini bisa menjadikan ekspresi NYP di bagian hipotalamus juga mengalami peningkatan. Sehingga nantinya bisa membantu dalam meningkatkan nafsu makan untuk mengembalikan ke kondisi seperti semula.

Keunggulan dengan penggunaan terapi akupunktur juga bisa menjadikan mobilitas lambung terus mengalami peningkatan. Pada kondisi seperti ini biasanya juga akan lebih cepat dalam proses untuk mengosongkan bagian lambung.

Hal ini akan memicu seseorang merasa cepat lapar dan mengembalikan nafsu makan seperti semula. Penerapan terapi akupunktur juga bisa membantu dalam meningkatkan imun tubuh yang dapat digunakan dalam menjaga kesehatan setiap orang.

Di dalam tubuh ini mempunyai jalur saluran energi yaitu meridian. Para ahli akupunktur yang berperan sebagai terapi dengan cara penusukan beberapa jarum di bagian titik akupunktur. Pada penusukan inilah, untuk titik akupunkturnya berada di sepanjang saluran meridian.

Sehingga membuat aliran energi yang ada pada tubuh bisa kembali seimbang seperti sedia kala. Penggunaan terapi akupunktur menjadi sebuah teknik yang telah banyak diterapkan dalam membantu merangsang bagian otot, saraf dan jaringan ikat.

Cara mengatasi tidak nafsu makan dengan terapi akupunktur memang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk diterapkan. Pada umumnya, teknik akupunktur ini yang diterapkan pada titik tubuh manusia yang tepat bisa membantu dalam memberikan energi yang seimbang. Jika ingin tahu lebih lanjut cara terapinya dapat menghubungi kami di 0821 9090 8209 atau griyasehatalfarisy@gmail.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *